Pembinaan dan Pengembangan Generasi Muda

A. Rumusan Masalah



Bagaimana menurut anda tentang perbedaan dua pengertian pokok dalam hal Pembinaan & Pengembangan Generasi Pemuda :

1. Generasi Pemuda sebagai Subjek pembinaan dan pengembangan adalah mereka yang telah memiliki bekal-bekal & kemampuan serta landasan untuk dapat mandiri & memiliki potensi ?

2. Generasi Pemuda sebagai Objek pembinaan dan pengembangan adalah mereka yang masih memerlukan pembinaan dan pengembangan ke arah pertumbuhan potensi ?

B. Pembahasan

Pembinaan dan pengembangan generasi muda diatur dalam  keputusan menteri nomor : 0323/U/1978 tanggal 28 Oktober 1978. Bertujan agar semua pihak yang terlibat dalam pembinaan dan pengembangan generasi muda tersebut dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, benar serta tepat sasaran dan terarah.

Dasar pembinaan dan pengembangan generasi muda disusun berdasarkan :

1.      Pancasila
2.      UUD 1945
3.     Garis-garis besar haluan negara
4.      Sumpah pemuda dan Proklamasi
5.     Tata nilai dan budaya masyaraka

Dalam hal ini generasi muda haruslah peka terhadap masa depan. Generasi mudapun harus melihat masa lalu sebagai bahan ajar mereka dan juga contoh mereka. Namun generasi mudapun harus menata masa kini sebagai jalan untuk menggapai masa depan.
Motivasi juga harus trus ditanamkan. Sebagai penyemangat hidup generasi muda dan perlu juga ada sosok panutan yan harus dicontoh generasi muda agar hidup mereka kelak dimasa mendatang bisa lebih baik.

Generasi muda juga harus ikut serta dalam usaha pembangunan negara agar negara ini tidak hancur atau menjadi negara yang monoton. Itu sebabnya diperlukan pembinaan dan pengembangan generasi muda. Agar generasi muda di negri kita ini dapat lebih terarah dan dapat membangun negri tercinta kita Indonesia.

Dalam hal ini, pembinaan dan pengembangan generasi muda mengenai dua hal pengertian pokok, yaitu generasi muda sebagai Objek dan generasi muda sebagai Subjek.
-          Generasi Muda sebagai Subyek
Generasi Muda subyek adalah mereka yang telah dibekali ilmu dan kemampuan serta landasan untuk dapat mandiri dalam menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi bangsa, dalam rangka kehidupan berbangsa bernegara serta pembangunan nasional.
-          Generasi Muda sebagai Obyek
Generasi Muda Obyek adalah mereka yang masih memerlukan bimbingan yang mengarah kan kepada pertumbuhan potensi menuju ke tingkat yang maksimal dan belum dapat mandiri secara fungsional di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta pembangunan nasional.

Arah pembinaan dan pengembangan generasi muda :

1.      Berorientasi pada Tuhan YME, nilai-nilai kerohanian dan falsafah hidup pancasila.
2.      Orientasi kedalam terhadap dirinya sendiri, mengembangkan bakat-bakat kemampuan jasmaniah dan rohaniah dalam dirinya agar dapat memberikan prestasi semaksimal mungkin.
3.      Orientasi keluar terhadap lingkungan (budaya,sosialdan moral) dan masa depannya. Sumber orientasi keluar ini dibagi atas :
-          Pengembangan sebagai insan sosial budaya
-          Pengembangan sebagai insan sosial politik dan sebagai insan patriot.
-          Pengembangan sebagai insan sosial ekonomi, termasuk sebagai insan kerja dan insan profesi yang mempunyai kemampuan untuk mendayagunakan sumber alam dan menjaga kelestariannya.
-          Pengembangan pemuda terhadap masa depannya. Kepekaan terhadap masa depan akan menumbuhkan kemampuan untuk mawas diri, kreatif, kritis.

Tujuan pembinaan dan pengembangan generasi muda :

1.      Memantapkan persatuan dan kesatuan bangsa
2.      Mewujudkan kader-kader penerus perjuangan bangsa
3.      Melahirkan kader-kader pembangunan nasional dengan angkatan kerja berbudi luhur, dinamis dan kreatif.
4.      Mewujudkan warga negara Indonesia yang memiliki kreatifitas kebudayaan nasional.
5.      Mewujudkan kader-kader patriot pembela bangsa yang berkesadaran dan berketahanan nasional.



Jalur pembinaan dan pengembangan generasi muda :

a.        Kelompok jalur utama

-          Jalur keluarga, pelaksanaan pembinaan dan pengembangan adalah orang tua serta anggota keluarga terdekat
-          Jalur generasi muda, organisasi-organisasi pemuda yang ada seperti OSIS, Senat, Pramuka, Karang taruna
b.      Kelompok jalur penunjang

-          Jalur sekolah/ pra sekolah : organisasi orang tua murid, enataan mutu pendidik dan sarananya.
-          Jalur masyarakat : jalur masyarakat yang melembaga (lembaga peribadatan, organisasi sosial). Jalur masyarakat yang tidak melembaga 9pergaulan sehari-hari, tenpat rekreasi)

c.       Kelompok jalur koordinatif (jalur pemerintah):

ü  Sistem pengkoordinasian melalui Badan Koordinasi Penyelenggaraan Pembinaan Generasi muda.
ü  Pelaksanaan organisasi pembinaan dan pengembangan generasi muda melalui satuan pengendali pembinaan generasi muda yang dipimpin oleh mentri urusan pemuda.

Wujud sosialisai generasi muda / mahasiswa :

1.      Peranan pemuda/ mahasiswa dalam menegakkan kemerdekaan. Setelah proklamasi pemuda Indonesia membentuk organisasi politik maupun militer.

2.       Peran mahasiswa/ pemuda dalam mempelopori orde baru. Terbentuknya Front Pancasila yang melawan PKI dan dari Front Pancasila lahir Kesatuan Aksi Mahasiswa / KAMI. KAMI menjadi pendobrak menuju orde baru. 

3.         Peran pemuda dalam masyarakat

-          Sebagai agent of change, yaitu mengadakan perubahan dalam masyarakat kearah yang lebih baik dan bersifat kemanusiaan.
-          Sebagai agent of development, yaitu melancarkan pembangunan disegala bidang yang bersifat fisik maupun non fisik.
-          Sebagai agent of modernization, yaitu pemuda bertindak sebagai pelopor pembaruan.



 

Komentar

  1. Generasi penerus berarti milenial ya?
    Tapi biasanya milenial sgt kental dengan respon negatif.
    katanya generasi yang ga bisa nabung wkwkwkwk..
    nah untuk generasi milenial penting berarti untuk liat ini biar bisa ngatur uang :
    jenis investasi untuk generasi milenial

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

DEMOGRAFI

ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI