Pembinaan dan Pengembangan Generasi Muda
A. Rumusan Masalah
Bagaimana menurut anda tentang
perbedaan dua pengertian pokok dalam hal Pembinaan & Pengembangan
Generasi Pemuda :
1. Generasi Pemuda sebagai Subjek
pembinaan dan pengembangan adalah mereka yang telah memiliki bekal-bekal
& kemampuan serta landasan untuk dapat mandiri & memiliki potensi ?
2. Generasi Pemuda sebagai Objek
pembinaan dan pengembangan adalah mereka yang masih memerlukan pembinaan
dan pengembangan ke arah pertumbuhan potensi ?
B. Pembahasan
Pembinaan
dan pengembangan generasi muda diatur dalam keputusan menteri nomor :
0323/U/1978 tanggal 28 Oktober 1978. Bertujan agar semua pihak yang terlibat
dalam pembinaan dan pengembangan generasi muda tersebut dapat melaksanakan
tugasnya dengan baik, benar serta tepat sasaran dan terarah.
Dasar
pembinaan dan pengembangan generasi muda disusun berdasarkan :
1. Pancasila
2. UUD 1945
3. Garis-garis besar haluan
negara
4. Sumpah pemuda dan Proklamasi
Dalam
hal ini generasi muda haruslah peka terhadap masa depan. Generasi mudapun harus
melihat masa lalu sebagai bahan ajar mereka dan juga contoh mereka. Namun
generasi mudapun harus menata masa kini sebagai jalan untuk menggapai masa
depan.
Motivasi
juga harus trus ditanamkan. Sebagai penyemangat hidup generasi muda dan perlu
juga ada sosok panutan yan harus dicontoh generasi muda agar hidup mereka kelak
dimasa mendatang bisa lebih baik.
Generasi
muda juga harus ikut serta dalam usaha pembangunan negara agar negara ini tidak
hancur atau menjadi negara yang monoton. Itu sebabnya diperlukan pembinaan dan
pengembangan generasi muda. Agar generasi muda di negri kita ini dapat lebih
terarah dan dapat membangun negri tercinta kita Indonesia.
Dalam hal ini,
pembinaan dan pengembangan generasi muda mengenai dua hal pengertian pokok,
yaitu generasi muda sebagai Objek dan generasi muda sebagai Subjek.
-
Generasi Muda sebagai Subyek
Generasi Muda subyek adalah mereka
yang telah dibekali ilmu dan kemampuan serta landasan untuk dapat mandiri dalam
menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi bangsa, dalam rangka kehidupan
berbangsa bernegara serta pembangunan nasional.
-
Generasi Muda sebagai Obyek
Generasi Muda Obyek adalah mereka
yang masih memerlukan bimbingan yang mengarah kan kepada pertumbuhan potensi
menuju ke tingkat yang maksimal dan belum dapat mandiri secara fungsional di
dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta pembangunan nasional.
Arah
pembinaan dan pengembangan generasi muda :
1. Berorientasi
pada Tuhan YME, nilai-nilai kerohanian dan falsafah hidup pancasila.
2. Orientasi
kedalam terhadap dirinya sendiri, mengembangkan bakat-bakat kemampuan jasmaniah
dan rohaniah dalam dirinya agar dapat memberikan prestasi semaksimal mungkin.
3. Orientasi
keluar terhadap lingkungan (budaya,sosialdan moral) dan masa depannya. Sumber
orientasi keluar ini dibagi atas :
-
Pengembangan
sebagai insan sosial budaya
-
Pengembangan
sebagai insan sosial politik dan sebagai insan patriot.
-
Pengembangan
sebagai insan sosial ekonomi, termasuk sebagai insan kerja dan insan profesi
yang mempunyai kemampuan untuk mendayagunakan sumber alam dan menjaga
kelestariannya.
-
Pengembangan
pemuda terhadap masa depannya. Kepekaan terhadap masa depan akan menumbuhkan
kemampuan untuk mawas diri, kreatif, kritis.
Tujuan pembinaan dan
pengembangan generasi muda :
1. Memantapkan
persatuan dan kesatuan bangsa
2. Mewujudkan
kader-kader penerus perjuangan bangsa
3. Melahirkan
kader-kader pembangunan nasional dengan angkatan kerja berbudi luhur, dinamis
dan kreatif.
4. Mewujudkan
warga negara Indonesia yang memiliki kreatifitas kebudayaan nasional.
5. Mewujudkan
kader-kader patriot pembela bangsa yang berkesadaran dan berketahanan nasional.
Jalur pembinaan dan
pengembangan generasi muda :
a.
Kelompok jalur utama
-
Jalur
keluarga, pelaksanaan pembinaan dan pengembangan adalah orang tua serta anggota
keluarga terdekat
-
Jalur
generasi muda, organisasi-organisasi pemuda yang ada seperti OSIS, Senat,
Pramuka, Karang taruna
b. Kelompok
jalur penunjang
-
Jalur
sekolah/ pra sekolah : organisasi orang tua murid, enataan mutu pendidik dan
sarananya.
-
Jalur masyarakat
: jalur masyarakat yang melembaga (lembaga peribadatan, organisasi sosial).
Jalur masyarakat yang tidak melembaga 9pergaulan sehari-hari, tenpat rekreasi)
c. Kelompok
jalur koordinatif (jalur pemerintah):
ü Sistem
pengkoordinasian melalui Badan Koordinasi Penyelenggaraan Pembinaan Generasi
muda.
ü Pelaksanaan
organisasi pembinaan dan pengembangan generasi muda melalui satuan pengendali
pembinaan generasi muda yang dipimpin oleh mentri urusan pemuda.
Wujud sosialisai generasi
muda / mahasiswa :
1.
Peranan pemuda/ mahasiswa dalam menegakkan
kemerdekaan. Setelah proklamasi pemuda Indonesia membentuk organisasi politik
maupun militer.
2. Peran mahasiswa/ pemuda dalam
mempelopori orde baru. Terbentuknya Front Pancasila yang melawan PKI dan dari
Front Pancasila lahir Kesatuan Aksi Mahasiswa / KAMI. KAMI menjadi pendobrak
menuju orde baru.
3. Peran pemuda dalam masyarakat
-
Sebagai
agent of change, yaitu mengadakan perubahan dalam masyarakat kearah yang lebih
baik dan bersifat kemanusiaan.
-
Sebagai
agent of development, yaitu melancarkan pembangunan disegala bidang yang
bersifat fisik maupun non fisik.
-
Sebagai
agent of modernization, yaitu pemuda bertindak sebagai pelopor pembaruan.
Generasi penerus berarti milenial ya?
BalasHapusTapi biasanya milenial sgt kental dengan respon negatif.
katanya generasi yang ga bisa nabung wkwkwkwk..
nah untuk generasi milenial penting berarti untuk liat ini biar bisa ngatur uang :
jenis investasi untuk generasi milenial
Keren artikelnya https://www.cekaja.com/info/pilihan-pinjaman-aman-tanpa-agunan-untuk-daerah-jakarta
BalasHapus