Potensi Pemuda

A. Rumusan Masalah



1. Apa yang anda ketahui tentang potensi-potensi pemuda berikut ini :
   a. Idealisme & daya kritis
   b. Dinamika & kreatifitas
   c. Keberanian mengambil resiko
   d. Optimisme & penuh semangat
   e. Sikap mandiri & disiplin
   f. Terdidik
   g. Keanekaragaman dalam persatuan & kesatuan
   h. Patriotisme & Nasionalisme
   i. Sikap ksatria
   j. Kemampuan penguasaan ilmu & teknologi

2. Menurut anda apa yang harus dilakukan dalam upaya "Mencerdaskan kehidupan Bangsa" ?


B. Pembahasan


1. Ø  Potensi
Potensi adalah sebagai sesuatu yang mesti dikenali dan diwujudkan. Potensi yang tidak ditampakkan tidak akan mampu menciptakan reputasi, potensi yang tersembunyi apabila diusahakan untuk ditampakkan akan menjadi kekuatan dan kelebihan. Manusia bisa menciptakan masa depan yang gemilang dengan karya dan segenap kekuatan yang terpendam di masa kini. 

Potensi-potensi Generasi Muda
Potensi-potensi yang terdapat pada generasi muda yang perlu dikembangkan adalah sebagai berikut :

a.         Idealisme dan Daya Kritis

Secara sosiologis generasi muda belum mapan dalam tatanan yang ada, sehingga ia dapat melihat kekurangan dalam tatanan dan secara wajar mampu mencari gagasan baru. Pengejawantahan idealisme dan daya kritis perlu dilengkapi landasan rasa tanggung jawab yang seimbang.
b.      Dinamika dan Kreativitas

Adanya idealisme pada generasi muda, menyebabkan mereka memiliki potensi kedinamisan dan kreativitas, yakni kemampaun dan kesediaan untuk mengadakan perubahan, pembaharuan, dan penyempurnaan kekurangan yang ada ataupun mengemukakan gagasan yang baru.

c.         Keberanian Mengambil Resiko

Perubahan dan pembaharuan termasuk pembangunan, mengandung resiko dapat meleset, terhambat atau gagal. Namun, mengambil resiko itu diperlukan jika ingin memperoleh kemajuan. Generasi muda dapat dilibatkan pada usaha-usaha yang mengandung resiko. Untuk itu diperlukan kesiapan pengetahuan, perhitungan, dan keterampilan dari generasi muda sehingga mampu memberi kualitas yang baik untuk berani mengambil resiko.

d. Optimis dan Kegairahan Semangat

Kegagalan tidak menyebabkan generasi muda patah semangat. Optimisme dan kegairahan semangat yang dimiliki generasi muda merupakan daya pendorong untuk mencoba lebih maju lagi.

e. Sikap Kemandirian dan Disiplin Murni

Generasi muda memiliki keinginan untuk selalu mandiri dalam sikap dan tindakannya. Sikap kemandirian itu perlu dilengkapi dengan kesadaran disiplin murni pada dirinya agar mereka dapat menyadari batas-batas yang wajar dan memiliki tenggang rasa.

f. Terdidik

Walaupun dengan memperhitungkan faktor putus sekolah, secara menyeluruh baik dalam arti kualitatif maupun dalam arti kuantitatif, generasi muda secara relatif lebih terpeljar karena lebih terbukanya kesempatan belajar dari generasi pendahulunya.

g. Keanekaragaman dalam Persatuan dan Kesatuan.

Keanekaragaman generasi muda merupakan cermin dari keanekaragaman masyarakat kita. Keanekaragaman tersebut dapat menjadi hambatan jika dihayati secara sempit dan eksklusif. Akan tetapi, keanekaragaman masyarakat Indonesia merupakan potensi dinamis dan kreatif jika ditempatka dalam kerangka integrasi nasional yang didasarkan pada semangat sumpah pemuda serta kesamaan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

h. Patriotisme dan Nasionalisme

Pemupukan rasa kebanggaan, kecintaan, dan turut serta memiliki bangsa dan negara dikalangan generasi muda perlu digalakkan karena pada gilirannya akan mempertebal semangat pengabdian dan kesiapan mereka untuk membela dan mempertahankan NKRI dari segala bentuk ancaman. Dengan tekad dan semangat ini, generasi muda perlu dilibatkan dalam setiap usaha dan pemantapan ketahanan dan pertahanan nasional.

i. Sikap Kesatria

Kemurnian idealisme, keberanian, semangat pengabdian dan pengorbanan serta rasa tanggung jawab sosial yang tinngi adalah unsur-unsur yang perlu dipupuk dan dikembangkan dikalangan generasi muda Indonesia sebagai pembela dan penegak kebenaran dan keadilan bagi masyarakat dan bangsa.

j. Kemampuan Penguasaan Ilmu dan Teknologi

Generasi muda dapat berperan secara berdaya guna dalam rangka pengembangan ilmu dan teknologi bila secara fungsional dapat dikembangkan sebagai Transformator dan Dinamisator terhadap lingkungannya yang lebih terbelakang dalam ilmu dan pendidilkan serta penerapan teknologi, baik yang maju, maupun yang sederhana.




2. Upaya yang Dilakukan untuk "Mencerdaskan Kehidupan Bangsa":

a. Menigkatkan pendidikan di setiap daerah di Indonesia, supaya anak"di wilayah Indonesia dpt mengerti dan menambah ilmu pengetahuannya

b. Pemerintah melaksanakan sistem belajar minimal 9 tahun atau hingga jenjang Smp/Mts bagi anak - anak di seluruh wilayah Indonesia

c. Ikut membantu negara tetangga yang sedang tertimpa musibah atau suatu masalah yang diiranya membuntuhkan bantuan dari negara lain supaya meningkatkan sistem kekerabatan

d. Mewajibkan Progam Wajib Belajar

e. Menambah Alokasi Anggaran untuk bea operasional sekolah

f. Menambah alokasi anggaran beasiswa keluar negeri bagi siswa berprestasi

g. Memperbaiki kualitas guru dengan diklat - diklat dan pembenahan sistem pendidikan di perkuliahan

h. Melakukan monitoring dan evaluasi rutin secara autentik agar terjalannya suatu pendidikan yang optimal

i. memajukan tingkat perekonomian bangsa agar  masyarakat dibawah kemiskinan dapat bersekolah dengan baik, serta sekolah sekolah di berbagai pelosok pelosok bisa mendapat fasilitas yang baik dan perhatian pemerintah setempat


 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembinaan dan Pengembangan Generasi Muda

ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI

Ilmu Budaya Dasar Cinta Kasih, Keadilan dan keterkaitan kejujuran dengan kecurangan